Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pengkayaan keilmuan kepada mahasiswa Teknik Industri mengenai penyusunan strategi perusahan dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan perusahaan. Materi yang dibahas dalam matakuliah ini terdiri dari beberapa bagian. Bagian pertama berfokus pada konsep penelitian yang mencakup teori mengenai visi, misi, tujuan dan tata nilai perusahaan. Bagian selanjutnya ini memberikan kemampuan bagi mahasiswa untuk dapat menyusun analisis SWOT berdasarkan analisis PESTEL, The Five Force dan Value Chain, penyusunan strategis dan penentuan target berdasarkan penyusunan KPI. Kemudian mahasiswa diminta untuk melakukan analisis resiko untuk mereduksi strategi yang tidak visible, dilanjutkan dengan pemilihan alternatif strategi dan penyusunan strategic map. Pada tahap terakhir akan dibahas penentuan Rencana Kerja atau Action Plan

Pokok Bahasan: Visi, Misi, Tujuan dan Tata Nilai; Value Chain Analysis; PESTEL Analysis; The Five Force Analysis; Analisis SWOT; Analisis Resiko; Penentuan Sasaran Strategis, Key Performance Indicator, dan Target; Penyusunan Strategic Map; Penyusunan Rencana Kerja atau Action Plan

Pustaka utama:

  1. Strategic Management, Michael Porter
  2. Competitive Strategic, Michael Porter

Pustaka pendukung: Corporate Strategic, Hax & Majluf

Sumber: RPS TIA-545 Strategi Perusahaan (1 Desember 2017)